Jumat, 14 Desember 2012

KOMPUTER DAN MANAJEMEN




Tugas UAS TIK

KOMPUTER DAN MANAJEMEN


KOMPUTER

Definisi Komputer dari bahasa Latin yaitu “Computer” dan dalam Bahasa Inggris menjadi to Compute ( artinya: Menghitung). Komputer  merupakan suatu alat hitung dengan konstruksi elektronik yang mempunyai tempat penyimpanan (Stroge) dan bekerja dengan system operasi (Operating System) menutup program (Program) yang diberikan kepadanya (Ridwan, 2011).
Komputer pada saat sekarang ini menjadi bagian penting perannya dalam kehidupan manusia baik untuk membantu berbagai aktivitas pekerjaan ataupun untuk multimedia hiburan yang lengkap. Pada saat ini banyak orang telah menggunakan komputer dalam kesehariannya apalagi bila sudah terhubung ke internet pasti lebih betah duduk berlama-lama di depan komputer. Menjelaskan Pengertian Internet dimana komputer adalah hal terpenting karena internet itu merupakan jaringan luas untuk menghubungkan komputer diberbagai tempat dibelahan dunia. Bila sudah terhubung ke internet ataupun jaringan komputer yang lebih kecil yaitu LAN ataupun WAN maka perlu diwaspadai akan adanya perpindahan virus beserta variannya yang bisa merusak sistem komputer yang akan berakibat fatal, untuk itu setiap komputer gunakan antivirus terbaik agar lebih aman dan nyaman dalam menggunakan komputer dan menjelajah didunia maya internet online (Weblog, 2012).




MANAJEMEN

Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman. Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu :
1. Manajemen sebagai suatu proses,
2. Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3. Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertian yang pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi (Kurnia, 2009).


HUBUNGAN MANAJEMEN DAN KOMPUTER

Manajemen informatika adalah pemanfaatan sumber daya secara efektif dibidang informasi untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan
Manajemen adalah Penggunaan Sumber Daya yang Efektif untuk mencapai Sasaran.
Informatika adalah Hal-hal yang berkaitan dengan informasi atau Usaha dibidang Informasi.
Jadi Manajemen Informatika adalah Penggunaan Sumber Daya dalam bidang Informasi Untuk mencapai Sasaran (gunadarma, 2012)

RUANG LINGKUP

Sesuai dengan definisi yang telah disampaikan sebelumnya, maka ruang lingkup Rekayasa Perangkat Lunnak dapat digambarkan sebagai berikut:


·         software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak
·         software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik
·         software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk
algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan



·         software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak
·         software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan
·         software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu
·         software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak
·         software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL
·         software engineering process berhubungan dengan definisi, implementasi pengukuran, pengelolaan, perubahan dan perbaikan proses RPL
·         software quality menitik beratkan pada kualitas dan daur hidup perangkat lunak (Tabalagan, 2012).

      REKAYASA PERANGKAT LUNAK DAN DISIPLIN ILMU MANAJEMEN 

Cakupan ruang lingkup yang cukup luas, membuat RPL sangat terkait dengan disiplin dengan bidang ilmu lain. tidak saja sub bidang dalam disiplin ilmu komputer namun dengan beberapa disiplin ilmu lain diluar ilmu komputer.
      Hubungan keterkaitan RPL dengan ilmu lain dapat dilihat pada gambar dibawah ini


·               bidang ilmu manajemen meliputi akuntansi, finansial, pemasaran, manajemen operasi, ekonomi, analisis kuantitatif, manajemen sumber daya manusia, kebijakan, dan strategi bisnis
·               bidang ilmu matematika meliputi aljabar linier, kalkulus, peluang, statistik, analisis numerik, dan matematika diskrit
·               bidang ilmu manajemen proyek meliputi semua hal yang berkaitan dengan proyek, seperti ruang lingkup proyek, anggaran, tenaga kerja, kualitas, manajemen resiko dan keandalan, perbaikan kualitas, dan metode-metode kuantitatif
·               bidang ilmu ergonomika menyangkut hubungan ( interaksi) antar manusia dengan komponen-komponen lain dalam sistem komputer
·               bidang ilmu rekayasa sistem meliputi teori sistem, analisis biaya-keuntungan, pemodelan, simulasi, proses, dan operasi bisnis (Tabalagan, 2012).

Jadi dapat saya simpulkan komputer bisa membuat semua orang menghasilkan uang dengan menggunakan berbagai macam perangkat-perangkat informatika komputer dengan manajemen yang baik .
  

Sumber: 

Ridwan, M. 2011. Manajemen Komputer. (Online), (http://www.slideshare.net/MuchamadRidwan/manajemen-komputer), diakses 15  Desember 2012.

Weblog. 2012. Pengertian Komputer, Definisi Komputer Menurut Para Ahli. (Online), (http://www.weblog.web.id/2012/09/pengertian-komputer-definisi-komputer.html), diakses 15  Desember 2012.

Kurnia, A. 2009. Pengertian Manajemen Komputer. (Online), (http://dianapuja.blogspot.com/2009/05/pengertian-manajemen-komputer.html), diakses 15  Desember 2012.

Gunadarma. 2012. Pengertian Manajemen Informatika. (Online), (http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/04-pengertian-manajemen-informatika/), diakses 15  Desember 2012.

Tabalagan, P. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak. (Online), (http://putra-tabalagan.blogspot.com/2012/10/rekayasa-perangkat-lunak.html), diakses 15  Desember 2012.


1 komentar: